Pengumuman Penting

assalamualaikum wr wb Bagi siswa-siswi kelas XII. Mulai tanggal 23 Januari - 3 Februari 2013 akan diadakan jam tambahan untuk menghadapi UN 2013. Waktu : 14.00 - 15.30 WIB. Siswa wajib hadir Terimakasih tertanda Bag. Pendidikan
Kamis, 24 Januari 2013

Kunjungan Studi SMA Insan Madani di FE Unpad


Fakultas Ekonomi, hingga saat ini masih menjadi salah satu fakultas yang banyak diminati oleh para lulusan SMA. Berdasarkan jumlah peminat pada beberapa ujian seleksi masuk perguruan tinggi, nilai kompetisi untuk masuk ke jurusan ini sangat tinggi. Tak heran bila banyak pelajar SMA yang ingin mengetahui seluk beluk fakultas ini.

Hal inilah yang menjadi tujuan para pelajar dari SMA Insan Madani Aceh mengunjungi Fakultas Ekonomi Unpad. Sekolah asrama binaan PT Kaltim Industrial Estate ini diterima oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi (FE) Unpad Dr. H. Sulaeman Rachman Nidar, SE., dan jajarannya di Gedung A Lantai 2 Fakultas Ekonomi Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (5/08).

Dr. Sulaeman memaparkan mengenai seluk beluk Unpad, khususnya FE Unpad. Pada pemaparannya tersebut, dijelaskan bahwa Unpad memiliki 16 fakultas yang bertempat di Bandung dan Jatinangor. “Kampus FE adalah salah satu kampus yang terletak di Bandung,” jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa FE Unpad memiliki tiga jurusan, yaitu Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi dan Studi Pembangunan. ketiga jurusan tersebut terdapat pada berbagai jenjang, yaitu, D-III, S-1, S-2 dan S-3. “Dulu FE memiliki program ekstensi, tapi kemudian ditiadakan, dengan maksud untuk meluruskan pengertian bahwa bagi lulusan D-III bukan melanjutkan ke ekstensi untuk mendapat gelar sarjana, tapi seharusnya ke D-IV,” jelas Dr. Sulaeman.


Ia juga menjelaskan kepada para pelajar kelas XI dan XII SMA Insan Madani tersebut bahwa pola belajar di perguruan tinggi sangat berbeda dengan pola belajar di SMA. “Di perguruan tinggi, mahasiswa harus bisa mengatur dirinya sendiri. Tidak seperti di sekolah yang masih diatur oleh guru di sekolah. Bila tidak bisa mengatur diri dengan baik, tidak jarang ada mahasiswa yang mendapat IPK yang rendah atau lulus tidak tepat waktu,” jelas Dr. Sulaeman.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan (ESP) FE, Dr. Kodrat Wibowo, SE., menjelaskan bahwa di jurusannya saat ini mahasiswa aktif yang tercatat sekira 700-an dari angkatan 2002 hingga 2008. “Di jurusan kami, para dosen mengarahkan para mahasiswa untuk mengembangkan potensinya. Khusus jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, jurusan ini terfokus pada masalah kebijakan pembangunan. Walaupun demikian, banyak diantara lulusan jurusan ini yang malah bekerja di bank daripada di pemerintahan seperti di Bappenas, Bappeda, dan sebagainya,” jelas Dr. Kodrat.

Ketua Jurusan Akuntansi FE Unpad, Syaiful Rachman Soenaria, SE, MT.,Ak., yang hadir saat itu juga memberi penjelasan mengenai seluk beluk Jurusan Akuntansi FE Unpad. “Lulusan akuntansi merupakan lulusan yang paling cepat mendapat pekerjaan. Berdasarkan data, jurusan akuntasi memiliki masa tunggu lulusan untuk diterima bekerja selama satu bulan, dibandingkan dengan jurusan lain di FE,” jelas Syaiful.
Diakhir pertemuan, Dr. Sulaeman menegaskan bahwa FE Unpad ingin menghasilkan para lulusan yang tidak saja memiliki pengetahuan yang baik, tapi juga akhlak yang baik. “Kita ingin mahasiswa dibekali hard skill dan soft skill yang baik. Tapi tidak hanya itu, mahasiswa juga harus memiliki emotional skill yang baik,” jelasnya. (eh)*

sumber: http://news.unpad.ac.id/?p=12127

0 komentar:

Pengumuman

Bagi siswa-siswi kelas XII.
Mulai tanggal 23 Januari - 3 Februari 2013 akan diadakan jam tambahan untuk menghadapi UN 2013.
Waktu : 14.00 - 15.30 WIB. Siswa wajib hadir
Terimakasih

tertanda
Bag. Pendidikan

Buku Tamu

Wisata Kemana?